Teori
penawaran dan permintaan (bahasa Inggris: supply and demand) dalam ilmu
ekonomi, adalah penggambarkan atas hubungan-hubungan di pasar, antara para
calon pembeli dan penjual dari suatu barang. Model penawaran dan permintaan
digunakan untuk menentukan harga dan kuantitas yang terjual di pasar. Model ini
sangat penting untuk melakukan analisis ekonomi mikro terhadap perilaku serta
interaksi para pembeli dan penjual. Ia juga digunakan sebagai titik tolak bagi
berbagai model dan teori ekonomi lainnya. Model ini memperkirakan bahwa dalam
suatu pasar yang kompetitif, harga akan berfungsi sebagai penyeimbang antara
kuantitas yang diminta oleh konsumen dan kuantitas yang ditawarkan oleh
produsen, sehingga terciptalah keseimbangan ekonomi antara harga dan kuantitas.
Model ini mengakomodasi kemungkian adanya faktor-faktor yang dapat mengubah
keseimbangan, yang kemudian akan ditampilkan dalam bentuk terjadinya pergeseran
dari permintaan atau penawaran.
Penawaran
Penawaran
adalah jumlah barang atau jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual pada
berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu.
Beberapa
faktor yang mempengaruhi penawaran:
·
Harga barang itu sendiri.
·
Harga sumber pro
Kurva penawaran
Kurva
penawaran adalah suatu kurva yang menunjukkan hubungan antara harga barang
dengan jumlah barang yang ditawarkan, yang dimana apabila jumlah sesuatu barang
yang sanggup ditawarkan oleh pada suatu tingkat harga dan tempo masa tertentu.
contoh dari kurva penawaran
Permintaan
Permintaan adalah
keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga selama
periode waktu tertentu. Singkatnya permintaan adalah banyaknya jumlah barang
yang diminta pada suatu pasar tertentu dengan tingkat harga tertentu pada
tingkat pendapatan tertentu dan dalam periode tertentu.
Faktor-faktor yang
mempengaruhi permintaan:
§ Harga barang itu sendiri
Jika harga suatu
barang semakin murah, maka permintaan terhadap barang itu bertambah.
§ Harga barang lain yang terkait
Berpengaruh apabila
terdapat dua barang yang saling terkait yang keterkaitannya dapat bersifat
subtitusi (pengganti) dan bersifat komplemen (penggenap).
§ Tingkat pendapatan perkapita
Dapat mencerminkan
daya beli. Makin tinggi tingkat pendapatan, daya beli makin kuat, sehingga
permintaan terhadap suatu barang meningkat.
§ Selera atau kebiasaan
Tinggi rendahnya suatu
permintaan ditentukan oleh selera atau kebiasaan dari pola hidup suatu
masyarakat.
§ Jumlah penduduk
Semakin banyak jumlah
penduduk yang mempunyai selera atau kebiasaan akan kebutuhan barang tertentu,
maka semakin besar permintaan terhadap barang tersebut.
§ Perkiraan harga di masa mendatang
Bila kita
memperkirakan bahwa harga suatu barang akan naik, adalah lebih baik membeli
barang tersebut sekarang, sehingga mendorong orang untuk membeli lebih banyak
saat ini guna menghemat belanja di masa depan.
§ Distribusi pendapatan
Tingkat pendapatan
perkapita bisa memberikan kesimpulan yang salah bila distribusi pendapatan
buruk. Jika distribusi pendapatan buruk, berarti daya beli secara umum melemah,
sehingga permintaan terhadap suatu barang menurun.
§ Usaha-usaha produsen meningkatkan penjualan.
Bujukan para penjual
untuk membeli barang besar sekali peranannya dalam mempengaruhi masyarakat.
Usaha-usaha promosi kepada pembeli sering mendorong orang untuk membeli banyak
daripada biasanya.
Kurva Permintaan
Kurva permintaan
merupakan grafik yang menggambarkan hubungan antara harga dengan jumlah
komoditas yang ingin dan dapat dibeli konsumen. Kurva ini digunakan untuk
memperkirakan perilaku dalam pasar kompetitif dan seringkali digabung dengan
kurva penawaran untuk memperkirakan titik ekuilibrium (saat jumlah penawaran
dan permintaan sama).
contoh kurva permintaan
Harga Keseimbangan
Dalam ilmu ekonomi, harga
keseimbangan atau harga ekuilibrium atau harga
bebas adalah harga yang
terbentuk pada titik pertemuan kurva permintaan dan kurva penawaran.
Terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil
kesepakatan antara pembeli (konsumen) dan penjual (produsen) di mana kuantitas
yang diminta dan yang ditawarkan sama besarnya. Jika keseimbangan ini telah
tercapai, biasanya titik keseimbangan ini akan bertahan lama dan menjadi
patokan pihak pembeli dan pihak penjual dalam menentukan harga.
Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Harga_keseimbangan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar